Jumat, 22 Maret 2013

Ketangguhan Tehnologi Yamaha di Mata Mekanik Perbengkelan

Roda berputar zamanpun berubah,seiring dengan perubahan waktu dan zaman. kini alat transportasi
umumpun kian terpinggirkan berganti dengan kendaraan sepeda bermotor.tepat di depan bengkelku 10 tahun yang lalu banyak sekali antrian angkutan umum yang siap memberikan layanan antar jemput karyawan perusahaan dan sekolah.namun kini kendaraan angkut itupun tinggal sedikit dan dapat dihitung jari.hal ini mengapa terjadi karena masyarakat mulai berpindah menggunakan kendaraan bermotor milik sendiri.

Dengan simpel dan gampangnya syarat yang di berikan pihak diler kepada pembeli maka kini
hampir tiap orang memiliki alat transportasi ini.10 tahun yang lalu usaha bengkelku tak seramai
sekarang ini dulu kendaraan bermotor masih jarang yang punya.beda dengan sekarang ini hampir tiap bulan dan tiap waktu banyak sekali kendaran bermotor yang siap menanti servis atau ganti variasi.anak sekolah dari  jenjang SMP sampai SMU kini hampir semua menggunakan kendaraan bermotor roda dua sendiri,sepeda matic yamaha utamanya saat ini genderang laju sepeda motor matic lagi semangat-semangatnya di tabuh,masing-masing distributor motor berlomba menggait pelanggan.yamaha utamanya didaerahku utamanya jateng sangat signifikan penjualan motor yang satu ini.hampir rata-rata
setiap keluarga yang beranggotakan 4 orang 3 diantaranya menggunakan sepeda motor yamaha baik itu matic dan non matic.

Maklum saja kerjaku berhubungan langsung dengan pelanggan dan tipe dan gayaku menggait pelanggang diantaranya adalah berbicara mengenai seputar motor dan kadang sedikit interogasi jumlah kepemilikan motor yang mereka punya he he biar rutin servis ditempatku maksudnya,kadang kala banyak juga pelanggan yang tanya sana-sini tentang sepeda motor yang cocok dan baik jika mereka mau beli. dengan baik hati kujelaskan satu persatu plus minus semua merk motor yang dijual di pasaran tanpa menambahi dan mengurangi.namun setelah selesai berpikir mereka hampir 94% sepakat untuk membeli produk motor yamaha baik jenis motor bebek maupun motor laki. seneng rasanya hati ini bisa memberikan tips dan pengarahan kepada pelanggan terhadap motor yang mereka beli.






Tuntutan Perkembangan Tehnologi Yamaha Terhadap Mekanik Bengkel Motor


Contoh Karburator Jupiter MX Inject
Mekanik perbengkelan umum seperti saya ini memang susah-suasah gampang menghadapi perkembangan tehnologi sepeda motor yang demikian cepatnya . mau tidak mau harus bisa menyesuaikan diri terhadap tehnologi motor yang dikeluarkan. Yamaha memperkenalkan  teknologi Fuel Injection (FI) terbarunya. Teknologi FI yang diberi nama Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor Yamaha menjadi lebih efisien dan hemat di atas 30 persen. Selain itu, gas buangnya juga lebih ramah lingkungan. Teknologi YMJET-FI telah dikembangkan pada tahun 2009 silam di Taiwan. Ini merupakan penyempurnaan teknologi injeksi dari generasi sebelumnya.dari berbagai brosur yang kudapat dari bengkel resmi yamaha di semarang bahwa motor ini lebih sporty dan bertehnologi masa kini.

Perbedaan yang mendasar pada sistem Fuel Injection (FI) terbaru ini adalah posisi injektor yang diarahkan langsung ke ruang bakar. Dengan begitu,  konsumsi BBM dipastikan lebih hemat sekaligus menciptakan turbulensi di ruang bakar. “Ini juga dapat menciptakan pembakaran yang lebih baik.untuk mengatasi perkembangan tehnologi Yamaha yang semaikin maju ini sebagai bengkel mitra atau umum maka saya harus menimba ilmu khursus montir matic Fuel Injection (FI)  ke diler resmi yamaha di kota semarang paling tidak selama 1 bulan penuh.ini dimaksudkan agar mekanik perbengkelan benar-benar mampu menghadapi dan memperbaiki masalah mesin keluaran baru dari sepeda motor yamaha.jangan sampai karena kesalahan kecil terkait pemasangan menyebabkan merembetnya kerusakan onderdil mesin yang akan menambah biaya perbaikan pelanggan dan ujung-ujungnya kepercayaan pelanggan terhadap mekanik bengkel diragukan.dapat saya contohkan disini saat ini tehnologi yamahaXeon,MIO J sudah menggunakan tehnologi injection yang terkenal irit,bandel,danbertenaga bagi kami ini merupakan suatu tantangan baru buat saya dan temen mekanik bengkel yang lain untuk mempelajarinya,bagi kami tak ada hal yang tak bisa diperbaiki selama kita mau belajar dan paham untuk memperbaikinya.umumnya sepeda motor jenis Injection seperti Yamaha XEON,MIO ,VIXION,menggunakan standar elektrik komputer dalam diaknosa kerusakan ataupun perawatanya,dan tenaga motor yang dihasilkan sangat besar dan sangat halus getaran mesinya.

Banyak sekarang ini mekanik-mekanik didaerah yang berlomba menuntut ilmu tentang cara memperbaiki motor matic injection karena mau tidak mau tuntutan perkembangan tehnologi harus dijalani dan dihadapi.dilihat dari jenis alat mekanikpun kini makin beragam menyesuaikan dengan tipe spoiler drat mesin produsen.

Pengenalan Tehnologi Motor Yamaha Injection Kepada Anak SMK yang sedang PKL ( Praktek Kerja Lapangan )

Meskipun bengkelku belum terlalu besar namun karena pelayanan dan kecakapan mekanik bengkel yang sangat baik dan mumpuni banyak mitra yang ingin bergabung menimba ilmu perbengkelan,baik itu secara indifidu maupun dari institusi sekolah SMK didaerahku.dengan senang hati saya mempersilahkan rekan-rekan SMK yang pingin terjun langsung memperbaiki berbagai macam tehnologi motor yamaha
walaupun dengan konsekuensi kami harus kerja ekstra sambil kerja juga harus menerangkan berbagai jenis dan komponen motor yang dikerjakan.sebagai seorang bengkel umum seperti saya,dibantu dan diberikan kepercayaan seperti ini sungguh hal yang sangat terkesan bagi saya karena seja dulu pingin banget bisa mengajar sebagai guru.dan akhirnya kini jadi kenyataan walaupun ilmu yang diberikan ilmu bengkel namun ini sangat bagus menurut saya karena berkaitan langsung dengan masa depan mereka jika kelak tidak melanjutkan kuliah dan bisa langsung terjun kedunia kerja.

Tahapan Materi PKL Motor Yamaha Di Bengkelku

1.Pengenalan Jenis Mesin Yamaha
2.Pemilihan Jenis mesin Yamaha yang akan dipelajari
3.Pengenalan dan praktik simulasi perbaikan mesin Yamaha
4.Program praktik bantu

Dari hasil Praktek Kerja Langsung selama ini siswa umumnya hanya membutuhkan waktu selama 3 hari untuk bisa menegerti dan memperbaiki masalah kelistrikan non injection hal ini kuanggap bagus dan normal karena mereka pada dasarnya sudah diberikan ilmu listrik di bangku SMK,hanya tinggal mempraktekkan di bengkel.dan membutuhkan waktu satu minggu untuk bisa memperbaiki kerusakan dalam mesin yamaha non injection.

Keuntungan yang diperoleh atas kerjasama PKL dengan Pihak Sekolah

1.Mendidik anak SMK lebih dekat dengan dunia kerja dan siap dikaryakan
2.Mendidik siswa tau cara memperbaiki motor dengan berbagai tingkat kerusakan
3.Mendidik siswa percaya diri jika mereka ingin membuka usaha sendiri
4.Meyakinkan diri pada mereka bahwa mesin motor memang handal
5.Mempercepat proses perbaikan motor karena dibantu oleh tim PKL

Standar emisi gas buang Yamaha FI yang mengagumkan

Alat Tes Uji Emisi Sepeda Motor 
2 Bulan yang lalu tepatnya  awal  januari  2013 saya menghadiri acara temu kangen dan symposium  tentang perkembangan tehnologi Yamaha di gedung serbaguna di kota semarang yang diadakan salah satu fendor diler terkemukan dikota semarang kepada pemilik bengkel motor  sekotamadya semarang.diacara tersebut saya dibuat takjub dengan hasil demo tingkat polusi antara motor injection dan non injection.dari hasil itu terlihat jelas hasil kertas sempel yang dimasukkan kedalam alat hisap elektrik yang dimasukkan dalam knalpot motor.perbedaanya diantaranya yaitu:

1.Dari hasil uji emisi jelas sekali motor Yamaha Injection  sangat ramah lingkungan hal ini dibuktikan dengan hasil  lab motor Yamaha VIXION,dan MIO J yang sangat bersih.
2.Durasi percobaan dengan waktu lama sekitar satu jam motor Yamaha Injection masih menjadi rajanya hal ini dibuktikan oleh hasil lab uji emisi yang menunjukkan hasil baik.
3.Hasil terjadi sebaliknya terhadap motor yang belum injeksi dari hasil lab menunjukkan gas buang motor masih kurang bersih terlihat kehitaman.

Dari hasil analisis dan pengamat seminar yang memberikan penjelasan terhadap kinerja positif menggunakan tehnologi Fuel Injection adalah Sistem injeksi bahan bakar elektronik atau biasa disebut karburasi digital. Konon Fuel Injection ini digadang-gadang akan menggantikan sistem karburasi manual yang selama ini digunakan.

Dengan Fuel Injection ini dampak yang akan terasa sangat signifikan adalah hematnya BBM, karena sistem controlnya sudah sistem digital maka setiap ada perubahan kondisi penggunaan sepeda motor, ECU akan otomatis mengatur kestabilan. Ini berbeda dengan sistem karburator manual yang selama ini digunakan, dimana karburator cenderung diatur untuk rata-rata  penggunaan sepeda motor, akibatnya BBM yang dikeluarkan selalu saja lebih besar dari kebutuhan mesin,  cara detail kerjanya  seperti ini. Pada sistem Karburator ada perbedaan tenaga jika sepedamotor digunakan siang hari dibanding malam hari, hal ini karena kepadatan oksigen pada volume yang sama berbeda, singkatnya jumlah O2 berubah sementara pasokkan BBM tetap . Hal ini tidak terjadi pada sistem Fuel Injection karena adanya sensor suhu udara.Maka saat kondisi kepadatan O2 berubah, pasokkan BBM pun disesuaikan (waktu buka injector ditambah atau dikurangi).

Jadi sepeda motor yang menggunakan Fuel Injection digunakan baik dalam kondisi hujan atau pun terang tetap optimum alias menghasilkan tenaga yang tetap sama. Kelebihan lainnya dari Fuel Injection ini adalah kemampuannya dalam meminimalisir gas buang beracun atau istilah kerennya gas emisi, dengan kata lain Yamaha layak diberi sematan gelar sebagai sepeda motor masa depan yang semakin ramah lingkungan. Kelebihan yang lain yang dimiliki mesin dengan system FI atau Fuel Injection terhadap mesin motor biasa diantaranya :

1.       Perawatan lebih mudah
2.       Ramah lingkungan
3.       Mesin mudah di hidupkan tanpa di pengaruhi kondisi cuaca
4.       Campuran udara dan bensin selalu akurat
5.       Tarikannnya lebih responsive


Yamaha Memberi Kepuasan Pelanggan dan Mitra Bengkel

Bagi banyak orang kini makin susah memilih kendaraan bermotor yang akan di belinya karena banyak pilihan dan varian dari berbagai macam produsen motor.namun bagi saya sebagai seorang mekanik mudah kiranya memilih motor yang cocok untuk dikendarai masyarakat Indonesia yaitu sepeda motor Yamaha.mengapa demikian karena sepeda motor Yamaha dibuat dan disesuaikan dengan spesifikasi masyarakat Indonesia yang butuh simbol prestise dalam berkendaraan lihat saja varian-varian yang di keluarkan tiap periodenya sangat elegan.seperti diantaranya Yamaha,XEON RC, VIXION,JUPITER MX,MIO J,MIO Sporty,MIO Seul . Siapa saja yang menaiki motor ini, maka dipastikan banyak orang akan mengaguminya bukan karena harganya yang memang cukup “bersaing” namun kualitas dan tampilannya yang menjadi jaminan prestise penggunanya.


bagi pelanggan yamaha sangat diuntungkan memiliki kendaraan motor Yamaha,karena dilihat dari segi perawatan motor sangat gampang,dan tidak ribet,argument saya yang saya berikan kepada pelanggan hanya memberikan masukan  bahwa motor Yamaha cuman diperlukan servis pergantian oli berkala yang tepat sesuai dengan jarak tempuh perjalanan.maka motor akan dipastikan tetap awet walaupun sudah diusia 7 tahun lebih .

Pelanggan setia Yamaha kian dimanjakan dengan banyaknya accessories pendukung pada kendaraan bermotornya baik itu produk asli Yamaha maupun produk accessories dari perusahaan mitra Indonesia.seperti striping ,felek ban,tatakan kaki,bohlam lampu modis,tempat helm.pokoknya bikin motor Yamaha pelanggan makin keren.

Sesuai slogan iklanya Yamaha memang selalu ada di depan dan membuat yang lain hanya mengekor di belakang, Slogan iklan Yamaha memang klop dengan realitasnya contoh kasus adalah dalah hal teknologi motor matic atau Skutik skuter matic, tentu saja semua orang tahu bahwa Yamaha adalah pelopor motor matic Indonesia, dan Mio merupakan motor matic Yamaha yang sangat fenomenal,walau mio bukanlah motormatic pertama yang di produksi pabrikan Yamaha karena sebelumnya Yamaha telah mengeluarkan Nouvo, namun kepopuleran miolah yang menjadikan merk lain ikut-ikutan mempruduksi motor matic.

Bukan hanya mio yang jadi fenomenal dari Yamaha, kita tentu ingat bagaimana fenomenalnya Yamaha RX king cobra, Yamaha juviter,juga Yamaha v-ixion yang berhasil menenggelamkan kepopuleran motor sejenis dari merk lain. bahkan Yamaha Mio yang sejatinya untuk tunggangan perempuan, jadi di gemari laki-laki dan karena itulah Yamaha mengeluarkan produk Mio soul,tapi kini tampaknya tak adalagi pembatasan motor untuk perempuan atau laki-laki, Jadi sangatlah pantas bunyi Slogan Iklan Yamaha selalu di depan, Yamaha semakin di depan dan sehingga Yang lain semakin ketinggalan. Dan kini Yamaha dengan New XEON RCnya membuat Yamaha semakin tak tertandingi.

Selain New XEON RC yang akan memembuat Yamaha tak tertandingi, menurut saya Mio J yang terbaru yang katanya hemat bahan bakar dengan 1 liter untuk 70 km akan membuat Yamaha benar-benar tak tertandingi untuk selalu jadi yang terdepan.

Tak terbantahkan bahwa Yamaha memang tunggangan yang keren, selain larinya cepat, tampilanya juga sangat modis, Coba saja lihat pada Xeon RC dengan lima warna keren yang telah saya sebutkan diatas, belum lagi ferforma mesin injeksi YMJET-FI 125 cc yang akan membuat penunggangnya tetap nyaman untuk melesat tak tertandingi melintasi jalanan.

Jenis Varian Motor Yamaha dengan berbagai keunggulanya menurut saya

Yamaha MIO

Yamaha Mio J Striping Terbaru 2013
Motor skutik matic ini saya rasa motor matic yang super handal dikelasnya itu pendapat  saya sebagai seorang pekerja dan pemilik bengkel,mengapa saya bisa katakan  demikian ,karena  dari struktur rangka body sangat tebal dan kuat.hal ini saya buktikan dengan cara pemotongan rangka body motor pada saat perbaikan Centre Chasis,nah disitulah saya bisa membandingkan besaran dan ketebalan rangka sepeda motor mio disbanding jenis motor yang lainya yang lebih tebal.

Dengan body yang lumayan ramping sehingga pemotor akan lebih enak mengendarainya terutama bagi pengguna motor diperkotaan dan kaum URBAN yang  menempuh jarak yang lumyan jauh ketempat bekerja.Motor ini menggunakan system transmisi matic  dalam penggeraknya dan cenderung responsive jika mengendarainya karena struktur motor yang kecil,maka saat menarik tuas gas akan langsung terasa sempurnanya tarikan motor mio matic ini.

Dikalangan para remaja pada awal peluncuranya sangat digandrungi motor jenis ini.karena lawan mereka di kelas yang sama belum mampu menandingi tehnologi dan gaya desain dari motorYamaha Mio ini.dan memang pada saat peluncuranya motor ini di jual keumum dalam bentuk matic namun belum Injection.karena memang kebijakan mesin injection ini memang masih dalam tahap pengembangan. Bagi kami sebagai seorang montir bengkel motor sangat faham sekali dengan kinerja dan cara memperbaiki mesin motor ini.karena memang mesin matic jenis ini sudah umum dan alat-alat yang digunakan untuk perbaikanpun sudah tersedia.lanjut dech sukses memperbaikinya.

Dan kini Yamaha memberikan pilihan baru kepada pelanggan setia jika menginginkan motor dengan kinerja tinggi dan kuat dengan berbagai pilahan yang diantaranya yaitu : Yamaha Mio GT, Mio J, Mio, Mino FINO tinggal ngepasin aja mana yang pas dan disuka.



Yamaha Xeon RC

Yamaha Xeon Keluaran 2013
Produk motor keluaran Yamaha yang satu ini memang tergolong baru,dikeluarkan namun motor ini dapat dikatakan produk penyempurnaan dari Yamaha Xeon yang telah dikeluarkan pada tahun 2010 yang lalu.perbedaan antara keduanya terletak apada system injection yang tertanam dalam mesin Yamaha Xeon RC ini.maklum saja Yamaha sekarang ini mulai menerapkan standar tehnologi yang ramah lingkungan dengan mengadopsi tehnologi injection.sesuai dengan standar EURO.
Yamaha New Xeon RC. Produk baru dengan motor injeksi yang semakin responsif, cepat dan irit.sepeda motor ini juga dikatakan produk paling simple,sporty dan trendy hal ini dikarenakan:

1. New Xeon RC punya desain bodi yang sporty dengan tampilan yang lebih trendy sesuai dengan selera perkembangan anak muda dan dilengkapi dengan sistem auto head-light on.
2. Tampilan baru bagian belakang kaca spion yang di desain lebih tajam dan sporty
3. Tampilan baru lampu depan dan lampu belakang dengan desain yang khas, kini tampil lebih futuristik, sporty dan lebih terang, ditambah lagi dengan posisi lampu yang baru yang diadaptasi dari Yamaha T-Max.
4. Tampilan 3 dimensi speedometernya yang keren.
5. Tempat duduk dobel dengan dua warnanya yang trendi.
6. Semakin sporty dengan velg berwarna dikombinasikan dengan lis velg yang tegas.
7. Knalpot baru yang dilindungi oleh titanium dengan warna yang tegas dan eksklusif, diadaptasi dari knalpot Yamaha T-Max yang powerful.
8. Ditambah dengan kapasitas bagasi yang besar untuk mendukung aktivitas harian pengendara.
Bisa melaju dengan cepat!

Saat ini di daerahku ambarawa motor jenis ini mulai terlihat dijalanan kota.walaupun belum terlihat signifikan jumlah penggunaya namun sudah terlihat berlalu-lalang dijalan,dikalangan anak muda dan sekolah SMU,SMK motor ini kelihatan sesuai karena memang spek penjualan diarahkan kepada kalangan kaum muda Indonesia.bagi kalangan montir / mekanik motor tentunya sudah hafal bagaimana cara merawat motor ini agar tetap responsive dan baik penggunaanya.kelebihan yang lain terhadap kinerja mesin Yamaha Xeon RC adalah:

1.Mesin Yamaha Xeon mempunyai tenaga 125cc Fl Liquid Cooled, pendinginan yang baik dengan pelepasan panas yang cepat (200% lebih baik dari besi)
2. Mempunyai  bobot yang relaif Ringan, berat lebih ringan 3 kg (berat hanya 35% dari besi)
3. Dimensi dasar roda + 5 mm dan ground clearance + 10 mm,hal ini mengakibatkan motor lebih stabil karena motor mendapat daya grafitasi bumi dengan sempurna
4. Performa tinggi dengan silinder DiASil dan minimum piston clearance.
5. Dengan rangka yang baru, sangat baik dalam menjaga kestabilan dan juga bermanuver karena menggunakan teknologi juara, kuat, awet dan ringan.

Jenis kelengkapan yang lain yang dimiliki oleh Yamaha Xeon RC sehingga motor lebih sempurna adalah:

1. Sistem Integrated key shutter, yaitu sistem kunci yang bisa digunakan sebagai pengaman ganda sekaligus pembuka bagasi.sistem ini biasa digunakan oleh motor standart sport eropa sehingga motor tidak takut hilang karena system keamanan yang sangat bagus.
2. Smart lever lock system, yaitu sistem yang praktis digunakan dan aman saat pengereman dijalanan menanjak/ menurun.dibanyak kasus smart lever lock sytem dapat mengurangi 80% terjadinya kecelakaan dijalan
3. Smart side stand switch system, yaitu sistem yang membantu keamanan pengendara.nah ini salah satu tehnologi terbaru yang diterapkan pada transportasi sepeda motor jenis matic injection,system ini akan membantu agar pemilik kendaraan lebih aman dan nyaman
4. Dilengkapi dengan sensor yang cerdas, yaitu TPS, IAPS, IATS, Crankshaft Position Sensor, Coolant Temperature Sensor dan Oxygen Sensor.
5. Controller dengan new ECU (33 pin) yang di rancang lebih irit 20%.dengan alat ini konsumsi bahan bakar motor akan semakin irit
6. Actuator dengan ISC, brushless fuel pump yang rendah konsumsi listrik, injector, coil pengapian, sistem AC/DC open sirkuit yang rendah hambatan dan roller rocker arm yang minim gesekan.
Si motor New Xeon RC ini benar-benar memukau kami. Yamaha memang semakin tak tertandingi deh! Pantaslah motor Yamaha sering merajai kejuaraan balap dunia.

Kini jika anda menginginkan sepeda motor xeon hadir digarasi anda,maka anda boleh memilih desain warna yang bagaimana yang cocok buat pilihan anda yang diantaranya:

1.       Dazzling Black (hitam – kuning)
2.       Thunder Bolt Blue (biru – putih)
3.       Regal Purple (ungu – putih)
4.       Victorious Red (merah – putih)
5.       Cosmic White (putih – oranye)
Nah banyak juga pilihan warnanya ternyata, so pasti enak di kendarai,gampang juga perawatanya.

Yamaha Vega ZR / Vega R

Yamaha Vega ZR Hasil Modifikasi Tampak Tangguh
Motor ini kalau tidak salah menjadi kebanggaan diawal tahun 2006 nan,motor dengan jenis / tipe bebek ini sangat laku dipasaran dan dikatakan produk sukses,motor dengan spek mesin standar ini bisa melaju 110 km/jam jika motor dalam keadaan normal dan standar belum di otak-atik mesin dnance an karbunya.kinerja mesin motor Vega ini sangat sempurna baik dalam pembakaran di dapur pacu mesin maupun gas buang yang dikeluarkan oleh sepeda motor vega ini.dengan bawaan isi mesin 120 cc motor memiliki kecepatan laju yang optimal.kareana system kinerja mesin menggunakan rantai ring dalam mesinya beda banget dengan system injection yang menggunakan distribusi udara yang seimbang dalam mesin agar tetap bisa berjalan.

Dilihat dari maintenance  mesin motor ini bisa dikatakan mudah dalam perbaikanya.baik dalam cara membuka body mesin maupun perbaikan akcecoris motor.tak ada masalah onderdilnya pun sangat terjangkau dibeli sehingga tidak membuat kantong bolong.dilihat dari konsumsi bahan bakarpun bisa terbilang sangat irit.bayangkan rekan bengkel saya pada lebaran 3 tahun yang lalu pulang kesemarang menggunakan sepeda motor Yamaha Vega hanya membutuhkan sekitar 70 ribu rupiah itupun sampau disemarang tangki bensin masih dalam keadaan full dan dapat digunakan jalan-jalan.maka dapat disimpulkan bahwa mesin Yamaha Vega memang sangat irit dan bertenaga.


Yamaha Scorpio

Tampilan Yamaha Scorpio Yang Tangguh dan Macho
Yamaha Scorpio adalah motor berjenis sport dengan isi mesin 250CC sungguh sangat bertenaga dan kuat,bagi pelanggan bengkel saya yang umumnya memiliki motor Yamaha ini sangat bangga sekali mengendarainya.karena terlihat gagah dan mempunyai kecepatan motor yang diatas rata-rata.bahkan kini banyak juga motor dinas satuan POLISI di wilayah semarang dan ambarawa yang menggunakan jenis motor ini dalam bertugas dijalan raya.karena mereka percaya bahwa motor jenis Yamaha Scorpio ini sangat kuat dan tahan banting.mampu mengejar sasaran yang dikejar,bahkan kuat untuk mengejar kendaraan yang berjarak 1500 m di depanya dengan cepat.

Kalangan berduit umumnya suka sekali mengoleksi motor sport jenis ini untuk dimodifikasi agar lebih garang dan sangar diantaranya dengan mengganti felek standar dengan felek exstra lebar dan besar dan memberikan ornament warna tambahan yang garang di sekujur bodinya sehingga makin keren dan gagah buat nampang maupun jalan touring bersama rekan.

Komunitas pecinta sepeda motor Scorpio di wilayahkupun mulai banyak terlihat dan aktif melakukan kegiatan touring dan kegiatan social di wilayah yang mereka kunjungi,hal ini menambah baik dan bagus image dari sepeda motor Yamaha itu sendiri.dan mendidik remaja kearah yang lebih baik.tehnologi yang tertanam di dapur pacu Yamaha Scorpio inipun sudah standar sport eropa sehingga cocok digunakan untuk touring jalanan di Indonesia.

Dilihat dari blog mesin dengan system berdiri dan mengacu konsep motor GP tenaga dan kinerja mesin menjadi  makin baik berbeda sekali dengan konsep mesin dengan daya dorong maju – mundur  yang  kurang greget dalam putaran torsi mesin diatas 90 rpm.dari hasil analisa berpikir perbengkelan saya mesin ini sesungguhnya mempunyai tenaga lebih besar dar 250CC hal ini mengacu dari beberapa hasil uji kecepatan oleh berbagai komunitas motor trek balap profeional disemarang dan salatiga  yang biasa menggunakan jenis mesin Yamaha Scorpio ini.mendapatkan hasil kecepatan lebih cepat dari mesin normal.namun dengan catatan jenis bahan bakar yang digunakan harus benar-benar standar baik PERTAMAK akan menjadi beda hasilnya jika menggunakan jenis bahan bakar PREMIUM.

Yamaha Bison

Tampilan Fighter Yamaha Bison Sangat Membanggakan
Motor keluaran Yamaha yang masih relative baru ini,pada awal peluncuranya sangat fenomenal sekali,bahkan didaerahku AMBARAWA pada awal peluncuranya hanya untuk memiliki motor ini harus INDENT dulu selama 2 Bulan sungguh venomenal penjualan motor ini.munkin saja  karena permintaan terhadap motor Yamaha Bison diseluruh diler di Indonesia sangat tinggi dan tak sebanding dengan produksi motor pabrikan Yamaha tiap harinya.

Dilihat dari tampilan Bodinya Yamaha Bison bisa terbilang sangat bongsor dan sangar,namun jika dilihat dari segi berat masih kalah dengan generasi Yamaha Scorpio dengan mengusung motor berbody sport motor ini bisa dibilang menonjol dikelasnya.dengantampilan shockbeker  depan yang besar dantangki bensin yang menonjol makin menambah ganteng siapapun yang mengendarainya.bahkan kini makin banyak para pecinta motor bison dari kalangan kaum hawa  atau BIKERS CEWEK di kota-kota besar.kini emansipasi berkendara motor bagi kaum hawa dibuka lebar oleh orang tua.selama mereka bisa mengendarai motor jenis laki-laki seperti Yamaha Bison ini mereka memperbolehkanya.dan malah terlihat sangat macho dilihatnya.


Yamaha Jupiter

Tampilan New Jupiter MX
Yamaha Jupiter masih tergolong produk Yamaha jyang berkelas terutama Yamaha JUPITER MX yang sangat stylist menurut saya.hingga sampai kinipun sebagai seorang mekanik bengkel masih setia menggunakan sepeda motor Yamaha Jupiter MX ini.seperti jenis motor Yamaha yang lain Yamaha Jupiter mulanya masih stadar mesin biasa yaitu Jupiter Z dan Jupiter ZR dan pada periode penyempurnaan menggunakan mesin Injection dengan nama Yamaha Jupiter MX 125.pada awal peluncuranya memberikan dua konsep yang persneling dan non persneling namun dalam perkembanganya model standar non persnelinglah yang diterima masyarakat.dengan menggunakan standar mesin 125CC motor ini mempunyai desain yang luamyan bagus pada saat itu.dengan menggunakan konsep lengan ayun tunggal seperti konsep motor balap  ,Yamaha Jupiter MX sangat nyaman dikendarai,model speedometer yang futuristic menambah nyaman dan elegan dikendarai.

Dikalangan dinas pemerintah saat pertama kali diperkenalkan banyak yang  sekali pembelian yang dilakukan sebagai alat transportasi dan inventaris kantor,karena munkin saat itu banyak diler yang memberikan kemudahan dan DP yang lumayan bisa dinego sehingga banyak instansi yang berniat membelinya.disamping irit mudah juga dikendarai.

Yamaha Vixion

Tampilan Garang Vixion Dengan DeltaBox
Keren,cepat dan canggih itulah yang disematkan untuk jenis motor yamaha Vixion ini, pada tahun 2012 Yamaha mengeluarkan V-ixion seri terbaru dengan teknologi injeksinya lebih disempurnakan yang diberi nama Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Inilah komitmen Yamaha untuk Semakin Di Depan dengan memproduksi sepeda motor yang berkualitas tinggi dan berteknologi masa depan. Ada perbedaan mendasar pada sistem Fuel Injection (FI) terbaru ini yaitu posisi injektor langsung diarahkan ke ruang bahan bakar, dengan demikian membuat pembakaran bahan bakar akan lebih sempurna, dapat menekan emisi hingga 90%. Maka dampaknya Yamaha V-ixion ini akan tampil lebih irit, bertenaga, ramah lingkungan, dan mudah dalam perawatannya.

Penerapan teknologi FI ini juga bertujuan untuk mengatasi kondisi lingkungan yang semakin buruk terutama masalah polusi udara serta mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang kian menipis. Yamaha V-ixion FI ini dirancang sesuai dengan standar regulasi emisi EURO 3, serta memenuhi himbauan pemerintah tentang lingkungan hidup. Dari Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) juga mewajibkan kepada semua produsen sepeda motor untuk memakai sistem injeksi ini mulai 2013. Perlahan tapi pasti Yamaha akan menerapkan aturan tersebut. Di mulai dari keberhasilan Yamaha V-ixion  hadir dengan teknologi FI untuk varian produk Yamaha lainnya jenis sekutik dan bebek semuanya akan berubah kearah system injection. Dan hal ini tidak akan menemui kendala yang berarti, seperti dengan pengalaman Yamaha yang sukses meninggalkan sistem 2-Tak ke 4-Tak.

Yamaha V-ixion FI membidik segmen kelas menengah (mid-end) dengan harga yang cukup kompetitif. Sebuah tawaran yang mengiurkan di tengah persaingan yang begitu ketat. Yamaha V-ixion FI merupakan produk mahakarya unggul yang kian disempurnakan, dengan tampilan performa terbaik, ekonomis, dan berwawasan lingkungan (go green). Dalam masyarakat yang kian informatif dan terbuka ini, pemilihan suatu produk sepeda motor tidak saja menyangkut fungsi yaitu untuk berkendara saja tetapi juga menyangkut kesan, citra, dan gaya hidup (life style). Dan keberadaan Yamaha V-ixion FI 2012 ini mampu memenuhi semua keinginan itu.

Vixion di desain untuk motor sport dan motornya lelaki,Selain mempunyai akselerasi dan performa yang sangat baik,yamaha vixion juga menggunakan teknologi injeksi,sehingga bisa menghebat bahan bakar tanpa mengesampingkan akselerasi dan performanya. mengingat harga BBM yang semakin naik.Teknologi injeksi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. yamaha telah mengusung teknologi terbarunya yaitu full injeksi pada produk terbarunya yang di laucing motor baru yaitu yamaha mio fino.Dengan teknologi full injeksi ini diharapkan mio fino dan mio J menjadi salah satu motor yang lebih ramah lingkungan tanpa mengesampingkan akselerasi dan performanya.

Perbedaan Kinerja Mesin Matic Injektion dan Yang Belum Injection

Teknologi Injeksi merupakan sebuah teknologi untuk meningkatkan kinerja mesin pembakaran dengan mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Teknologi ini pada dasarnya sama dengan karburator karena mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian menyalurkannya kedalam ruang bakar, akan tetapi keduanya tetap memiliki prinsip kerja yang berbeda. Bedanya hanya pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. Injeksi, sudah menggunakan metode elektronik seperti injektor, yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar, sedangkan karburator masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder. Menariknya lagi, sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga hasil pembakaran efisien.ini menyebabkan kadang motor mudah brebet,mati mendadak dan susah di nyalakan.

Berbeda dengan mesin yang menggunakan teknologi injeksi, mesin mudah dihidupkan tanpa terpengaruh kondisi cuaca. Pada kondisi dingin, menghidupkan mesin berkarburator dibutuhkan campuran yang lebih dengan menarik cuk. Cara manual ini tak lagi diperlukan pada motor injeksi karena sudah dilengkapi sensor temperatur mesin serta sensor temperatur udara masuk. Saat menghidupkan mesin dan kondisi dingin, secara otomatis jumlah semprotan bensin ditambah. Sehingga mesin mudah dihidupkan dalam kondisi apapun dan tidak terpengaruh kondisi cuaca.dibalik kemudahan yang diberikan oleh motor matic ternyata tak selalu aman dan juga mudah untuk digunakan bahkan kemudahannnya tersebut dapat menimbulkan bahaya.

Untuk itu, pada dasarnya memperlakukan motor matic dengan motor non matic tak lah mengalami perubahan yang banyak tapi memang ada yang harus di garis bawahi yakni penyesuaian dan juga keterbiasaan seseorang. Sudah seperti yang kita tahu bahwa orang yang bisa itu karena sudah terbiasa, berikut ini adalah Tips yang mungkin dapat membantu anda dalam mengendarai motor matic:

1. Pada saat kawan ingin menghidupkan mesin maupun akan menekan tombol starter di tangan jangan lupa terlebih dahulu untuk menekan rem dan sebaiknya anda menggunakan rem belakang sehingga tangan kanan anda dapat memegang handle gas dengan baik.

Ini dilakukan agar pada saat anda memutar gas dapat mencegah motor matic melompat, karena seringkali posisi belt langsung menghubungkan gerak yang dihasilkan oleh mesin melalui roda belakang dan juga biasanya pada orang yang baru bisa naik motor selalu memutar gas tak tanggung-tanggung.

2. Apabila anda sudah terlalu biasa menggunakan motor dengan perseneling, pengaturan gas mungkin belum dapat anda mainkan degan lancar karena pengaturan gas antara motor dengan gigi dan juga motor matic memang berbeda.

Anda sebaiknya mengenal terlebih dahulu gas motor matic, sebaiknya sebagian motor matic bisa anda lengkapi dengan kunci pengamanan rem belakang meskipun terkesan sedikit lambat tapi ini dapat membantu anda dalam menjaga keselamatan.

3. Kendali rem, rem belakang pada motor non matic biasanya digerakkan dengan kaki sementara rem belakang motor matic digerakkan melalui tuas rem. Saat anda menggunakan 4 jarisaat mengereman anda bisa menggunakan rem belakang saja apabila ingin rem.

Dengan kata lain jika anda menginginkan kendaraan Yamaha anda awet dan tahan lama cobalah mengerti cara perawatan mesin motor yang baik dan mengerti semua lock komponen tambahan dan fungsinya jangan sampai cuman gara-gara hal sepele yang tidak dijalankan seperti penggantian oli secara berkala mengakibatkan motor anda rusak dan berakibat fatal terhadap komponen mesin yang lain.

Juragan Bengkel



Tidak ada komentar:

Posting Komentar